Jl. KH. Wachid Hasyim No.17, Bedilan, Kebungson, Kec. Gresik, Kabupaten Gresik

PENGIRIMAN DAN PENJEMPUTAN ODGJ TERLANTAR DAN RUMAHAN

NO KOMPONEN URAIAN
1. Persyaratan Pelayanan

1. Pengiriman

Pemohon keluarga masyarakat () melaporkan adanya ODGJ baik Terlantar maupun Rumahan yang meresahkan ke Dinas Sosial Kabupaten Gresik

2. Penjemputan

Dinas Sosial mendapat kabar dari Rumah Sakit Jiwa untuk penjemputan ODGJ


2. Sistem, Mekanisme dan Prosedur Pelayanan

1. Pengiriman

  • Petugas melakukan kunjungan/survey klien bersama Satpol PP dan Petugas Kesehatan Jiwa dari Puskesmas setempat
  • Petugas melakukan identifikasi dan assestment terkait pengecekan kondisi ODGJ
  • Petugas melakukan pendataan ODGJ
  • Petugas berkoordinasi dengan Rumah Sakit jiwa terkait ketersediaan ruangan

  • Petugas melaporkan kepada Kepala Dinas untuk selanjutnya dibuatkan Surat Pengiriman ODGJ ke Rumah Sakit Jiwa
  • Pengiriman dan serah terima ODGJ ke Rumah Sakit Jiwa

2. Penjemputan

  • Petugas Dinas Sosial Kabupaten Gresik mendapat kabar dari RSJ untuk penjemputan ODGJ
  • Petugas berkoordinasi dengan keluarga,Satpol PP dan Petugas Kesehatan Jiwa untuk melakukan penjemputan klien ODGJ

  • Petugas melakukan penjemputan klien ODGJ. jika ODGJ Rumahan maka dikembalikan kepada keluarga namun jika ODG Terlantar maka akan dikirim ke Shelter BLBK Cerme Dinas Sosial Kabupaten Gresik

  • Petugas memberikan motivasi kepada klien dan keluarga untuk kesembuhan klien
  • Petugas Dinas Sosial bekerjasama dengan Petugas Kesehatan Jiwa untuk melakukan kunjungan rutin
3 Jangka Waktu Penyelesaian  2 Hari
4. Biaya/Tarif Gratis
5. Produk Pelayanan Pengiriman dan Penjemputan Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) Terlantar dan Rumahan
6.  Penanganan Pengaduan  

Pengaduan dapat disampaikan kepada Dinas Sosial Kab. Gresik melalui :

1. Aplikasi SP4N LAPOR https://www.lapor.go.id/

2. Media Sosial (Instagram dan Web Site)

https://bit.ly/DINSOSGresik

3. Surat

4. Ruang Pengaduan